Cara Membuat Kemin


Merawat bulu dan kulit ayam aduan merupakan hal yang sangat di perhatikan bagi penggemar ayam aduan dari negara asalnya,di thailand. 

Sebagian besar penggemar ayam aduan di thailand menggunakan kemin untuk merawat bulu dan kulit ayam aduan mereka. Dimana penggunaan kemin ini menjadi ciri khas ayam import asli dari thailand.

Kemin sendiri dalam bahasa thailand berarti kunir atau kunyit. Dimana sebagian bahan utama yang di pakai dalam pembuatan kemin adalah kunir atau kunyit.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara membuat kemin. Kita pahami dulu beberapa manfaat kemin bagi ayam aduan.





Banyak yang beranggapan kalau kemin hanya berguna untuk mempertebal kulit saja. Padahal kemin juga bertujuan untuk membantu sirkulasi udara pada bulu-bulu ayam.

Alasan ayam di kemin adalah untuk menjaga kesehatan kulit dimana tempat bulu tumbuh menancap,mencegah penyakit kulit, mempertebal kulit dan mencegah kutu.




Penggunaan kemin dapat dilakukan dengan mencampurkannya dengan kapur sirih. Kombinasi ramuan tersebut dapat membantu mengangkat lemak yang ada di bulu halus yang menutupi seluruh tubuh ayam.

Terangkatnya lemak pada bulu halus akan mempermudah air menyerap ketika bulu dibasahi. Dan air akan lebih cepat menguap ketika suhu tubuh ayam meningkat seiring dengan meningkatnya aktifitas ayam ketika di adu.

Pembuangan lemak pada bulu halus akan membantu sirkulasi udara pada bulu ayam. Sehingga suhu panas yang muncul dari tubuh ayam akan lebih mudah menguap ke udara. 
Mengingat ayam tidak memiliki kelenjar keringat, dengan cara demikianlah ayam melakukan proses pendinginan tubuh.



Selain penambahan kapur sirih bisa ditambahkan juga dengan air rebusan daun serai. Rebusan daun serai sendiri berguna untuk mencegah gigitan nyamuk.

Rebusan daun serai juga dipercaya dapat membantu penyembuhan turun urat pada bagian kaki,leher dan pangkal sayap. 


 

Kunir sebagai bahan utama pembuatan kemin memiliki banyak manfaat. Yang pertama kunir mampu menjadi bahan anti bakteri, menyehatkan kulit, mempertebal kulit dan banyak lagi manfaat yang di dapat dari penggunaan kunir ini.



Untuk mempermudah pembuatan kemin kita bisa menggunakan kunir atau kunyit serbuk yang biasa di jual di pasar tradisional.

Biasanya kunyit serbuk ini dipakai untuk bumbu masak. Karena berbentuk serbuk kita tidak perlu menggunakan parutan lagi sehingga lebih instant dan efisien.

Cara pembuatanya mudah sekali cukup kita campurkan ketiga bahan tadi, kunyit,kapur sirih dan rebusan daun serai dalam 1wadah takarannya bisa disesuaikan selera anda.




Kalau ingin ramuan kemin nampak merah tambahkan kapur sirih dengan perbandingan lebih banyak dibandingkan bahan kunirnya. 

Untuk mendapatkan kemin yang encer (tidak terlalu kental) tinggal tambahkan air rebusan daun serai secukupnya.

Sampai disini artikel kita kali ini tentang cara pembuatan kemin semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua. 

Terimakasih.
Semoga artikel ini bermanfaat,


Post a Comment

0 Comments