Ayam Pama IQ (Phama IQ)




Memasuki tahun 2017an ayam Pama IQ atau Phama IQ ini begitu diminati di kalangan penghobby ayam aduan. Terutama bagi penggemar ayam aduan modern. 

Ayam Pama IQ / Phama IQ ini tergolong ayam hybrid dari strain ayam birma dengan tujuan untuk pengembangan kwalitas dan kemampuan bertarung yang lebih baik dibandingkan pendahulunya yaitu ayam birma.

Ayam birma mulai digandrungi penghobby ayam aduan di indonesia di tahun 2012an. Karena peminat jenis ayam birma  sangat tinggi. Banyak importir ayam aduan sengaja mendatangkan langsung dari luar untuk dikembangkan di indonesia.

Pada masa sebelum kedatangan ayam Phama IQ. Ayam birma sebagai pendahulunya memiliki berbagai jenis. Dari setiap jenis ini memiliki gaya bertarung yang begitu unik. 

Sebelum kemunculan ayam phama IQ, di indonesia ramai dengan ayam birma jenis birma gostand, Birma malaw, Birma rambong, Kradungtong & birma Mabin.



Karena kemajuan jaman dan di dukung dengan perkembangan teknologi. Penggemar ayam aduan indonesia bisa berkomunikasi langsung dengan peternak luar negeri secara mudah melalui jejaring media sosial. 

Sehingga penggemar ayam aduan indonesia mulai terbiasa menyebut ayam birma dengan sebutan ayam phama. seperti sebutan yang diberikan orang thailand ketika menyebut ayam jenis birma.

Ayam Pama /Phama /Birma /Burma /Myanmar itu sama. Yaitu ayam aduan yang berasal dari negara Birma/Burma/Myanmar.

Hanya saja karena ayam ini banyak dikembangkan di thailand. Dan orang thailand dengan dialeg bahasa mereka sering menyebut ayam birma dengan sebutan ayam Phama maka akhir-akhir ini ayam birma disebut juga dengan sebutan Phama.

Sedangkan sebutan IQ yang di sematkan di belakang nama Phama IQ ini bertujuan untuk memberikan identitas baru.Untuk kemampuan bertarungnya yang lebih baik dari pendahulunya.

Ayam ini memiliki kemampuan bermain yang cerdas bisa memainkan kombinasi permainan dari jenis Gostand, Malaw, Rambong atau mabin di setiap pertarungannya.

Karena kemampuan permainannya lebih lengkap, dengan menggabungkan permainan gostand,malaw,rambong di setiap laga. Phama IQ semakin menyulitkan lawan ketika berlaga di arena pertarungan. 

Keganasan ayam Phama IQ mlebihi kemampuan pendahulunya yang hanya mampu memainkan gaya permainan yang monoton. 

Kemampuan bermain yang cerdas dengan gaya bertarung yang lengkap inilah yang menjadikan ayam ini di sebut Ayam Phama IQ.


Sebelum kemunculan ayam Phama IQ jenis birma ini memiliki gaya bertarung:

1.Gostand
Yang artinya mundur atau atret. Gaya permainannya dengan pertahanan defendsife anti lock anti tempel. Dengan melangkah mundur atau atret mencari jarak renggang untuk melancarkan pukulan sawat/tampar/mranggal (memukul tanpa mematuk) ke arah lawan. Dengan sasaran ke arah rahang,paruh,mata dan saluran pernafasan.

2.Rambong
Dalam bahasa thailand rambong berarti menari. Jenis ini gaya permainannya anti tempel dan antilock. Defendsife bertahan menghindari patokan lawan dengan menggoyangkan kepala (nglendot) kekanan dan kekiri layaknya seorang penari. 

Di ikuti dengan langkah kaki yang bergeser kesamping kanan dan ke kiri, dengan tujuan mencari jarak renggang untuk melancarkan pukulan sawat/tampar atau mranggal ke arah rahang, paruh,mata dan saluran pernafasan.

3.Malaw (Kuda Lari / Maraton)
Gaya pertahanan anti tempel dan antilock nya dengan cara berlari menjauh dari lawan. Mencari jarak renggang dengan teknik berlari kemudian saat lawan berusaha mengejar secara mendadak putar balik kearah lawan sambil melancarkan pukulan yang mengejutkan.

Pukulan yang mengejutkan semacam inilah yang membuat lawan benar-benar merasakan efek pukulan yang menyakitkan karena lawan yang hanya fokus mengejar tiba tiba birma malaw putar balik melancarkan serangan.

Efek serangan yang mengejutkan seperti ini sering membuat lawan depresi karena kaget dengan serangan yang tiba tiba di lancarkan oleh birma malaw. 

Sehingga tak jarang lawan dari ayam birma malaw kabur sendiri tanpa pukulan yang berarti. tidak mau bertarung lagi karena efek stress mengejar dan terkejut karena mendapati serangan mendadak.

Malaw dibagi jadi 2 jenis,
a. Long Run atau lari panjang.
b.Lari pedek atau lari kecil.

Jenis mabin dan kradungtong sengaja tidak kami jelaskan karena kedua jenis ini kurang begitu di minati.



Jadi ayam Phama IQ adalah jenis ayam aduan birma yang sengaja di ciptakan dengan metode pemuliabiakan ternak yang bertujuan agar mampu memiliki gaya permainan yang lengkap tidak monoton dengan satu jenis gaya defendsife permainan.

Ayam Phama IQ merupakan generasi terbaru dari ayam birma dengan kemampuan bermain dengan teknik kombinasi dari permainan ayam birma yang ada sebelumnya.

Ayam phama IQ adalah ayam birma yang mampu bertahan dan menyerang dengan perpaduan atau kombinasi dari gaya bertarung gostand (atret), rambong (menari) dan malaw (lari/maraton) atau perpaduan dari jenis lainnya.

Terimakasih,
Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments