Pakan Ayam Aduan GABAH, Nutrisi Tepat, Hemat&Kaya Manfaat



Sesuai judul artikel kali ini, kita akan membahas tentang. "Pakan ayam aduan GABAH, Nutrisi tepat, Hemat & Kaya manfaat". Ayam aduan memang perlu perlakuan khusus agar bisa menjadi petarung yang tangguh.

Layaknya seorang atlet, Ayam juga wajib memiliki fisik dan bobot yang ideal. Agar kemampuan yang dimiliki dapat lebih maksimal ketika diturunkan ke gelanggang.

Rata-rata perawat ayam aduan berusaha utuk membuat ayam rawatannya memiliki bobot yang ideal,ayam tidak terlalu kurus juga tidak terlalu gemuk.

Mereka mengatur pola pakan ayam secara tepat, agar memperoleh bentuk tubuh ayam yang proporsional. Terutama buat ayam muda yang baru turun box.

Kebanyakan untuk ayam muda yang baru turun box, memiliki bobot yang cenderung gemuk berlemak. 

Untuk mengatasi problem ayam obesitas atau gemuk ini, Kita bisa memanfaatkan gabah sebagai pakan alternatif. Gabah terbukti memiliki kandungan nutrisi yang tepat untuk ayam aduan.




Menurut beberapa sumber yang kami dapat gabah memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti:

Protein Kasar  7,85%
Serat Kasar     10,97%
Lemak              1,05%
Abu                   6,7%
Calsium            0,55%
Phospor            0,59%
Bahan ekstrak tanpa nitrogen 73,66%

(Sumber: Laporan Khusus No.3 Lembaga Penelitian Peternakan,Bogor,1976. Lih. Daftar Kepustakaan,No19,hlm 171)

Melihat kandungan nutrisi tersebut gabah sangat cocok dijadikan sebagai pakan diet bagi ayam aduan yang obesitas atau memiliki bobot badan yang terlalu gemuk.

Terbukti juga banyak Botoh lawas yang sampai sekarang masih menerapkan metode pemberian pakan berupa gabah untuk ayam rawatan mereka.

Setelah di coba memang hasilnya terbukti bagus. Pegangan ayam jadi lebih keset, badan ayam di pegang juga tidak bantat. 

Untuk ayam tipe speed semacam Birma, setelah pemberian pola pakan gabah. Kecepatan dan akurasi pukulannya jadi lebih bagus. 

Karena ayam tipe speed memang membutuhkan bobot yang ideal untuk mendukung kerja pukulnya semakin rajin dan akurat.

Beberapa ayam bangkok yang memilik tipe speed atau kecepatan pukul. Bagus juga bila pola pakan menggunakan gabah sebagai campuran beras merah.

Selain manfaat diatas gabah dilihat dari segi harganya memang lebih murah dibandingkan dengan harga beras merah. Ini sangat cocok dijadikan pakan alternatif yang lebih murah dan hemat.

Namun gabah perlu kita proses dulu sebelum kita berikan untuk ayam rawatan. Prosesnya adalah Kita harus memilih gabah yang memiliki kwalitas bagus. Cirinya gabah tidak kopong,tidak berkutu dan bukan stock gabah lawas. 





Setelah mendapat gabah yang dicari,selanjutnya kita rendam dulu gabah sekitar sehari semalam. Perendaman bertujuan untuk memisahkan antara gabah yang berisi dan kopong.

Setelah kita rendam selama sehari semalam gabah yang kopong akan mengapung. Gabah yang mengapung tadi kita buang. Kita ambil gabah yang tenggelam di dasar air rendaman.



Tahap selanjutnya gabah kita kukus agar lebih lunak. Pengukusan sekitar 45menit atau lebih ini tergantung juga dari lamanya proses perendaman sebelumnya.

Karena semakin lama proses kita merendam kadar air gabah juga semakin tinggi. Kadar air yang tinggi pada gabah akan mempercepat pelunakan pada tahap pengukusan ini.

Setelah kita kukus gabah kita angin-anginkan dulu agar dingin.



Setelah itu gabah bisa kita jemur hingga kering. Tujuan pengeringan ini agar gabah yang sudah kita rebus atau kukus tadi tidak mudah jamuran ketika kita simpan.

Pemberian ke ayam bisa di campur dengan beras merah atau bisa juga langsung gabah saja tanpa campuran bahan lain. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.


Gabah sudah kita proses selanjutnya siap kita berikan ke ayam. Sebelum kita berikan ke ayam bagusnya tambahkan air terlebih dahulu. Demikian ulasan dari artikel "Pakan ayam Aduan GABAH, Nutrisi tepat, Hemat & Kaya manfaat" 

Selamat mencoba,
Semoga artikel ini bermanfaat,
Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments