Mengobati Mata Ayam Cacingan



Pada sebagian peternak ada yang mengalami masalah mata ayam bengkak dan berair. Dengan perilaku ayam yang sering terlihat mencakar dan menggosokkan matanya ke bagian sayap.

Setelah di cek dengan membuka kelopak mata ayam. Ternyata di dalam mata ayam terinfeksi cacing yang berwarna putih bening seperti (senar pancing) dengan ukuran panjang bervariasi sekitar 3-5mm. 

Jika jumlah cacing terlalu banyak,cacing dapat terlihat jelas ketika bergerak di dalam mata ayam. Cacing parasit tersebut tergolong dalam jenis cacing Oxyspirura mansoni.

Jenis cacing Oxyspirura mansoni memang suka bersarang di dalam mata ayam. Penularan cacing ini terjadi secara tidak langsung oleh induk semang,dari kecoa yang sudah ditumbuhi larva cacing.

Biasanya ayam terinfeksi ketika memakan kecoa yang sudah ditumbuhi oleh larva cacing tersebut.



Infeksi cacing ini apabila di biarkan terus menerus tanpa segera ada tindakan pengobatan,akan menyebabkan mata ayam semakin parah hingga terjadi kebutaan.

Untuk pengobatannya kita cukup menggunakan rendaman air tembakau. Saya sarankan agar tembakau yang di gunakan benar-benar murni tembakau bukan dari tembakau yang sudah di kemas dalam bentuk rokok.

Kenapa saya sarankan demikian? 
Karena tembakau yang dikemas dalam bentuk rokok. Sudah ada tambahan bahan lain selain tembakau. Hasilnya pun kurang maksimal seperti ketika memakai tembakau murni.



Tembakau yang kita pakai adalah tembakau murni seperti gambar di atas. Beli saja yang harganya paling murah yang penting masih murni tembakau belum di campur bahan lainnya.

Cara pemakaianya:

Rendam tembakau dengan air hangat sekitar 10 menit, sambil kita remas-remas.
Setelah air terlihat kuning kecoklatan baru kita saring air nya. 

Untuk takarannya bisa disesuaikan kebutuhan. Semakin kental dan coklat warna air hasil rendaman,semakin bagus juga khasiatnya.

Setelah itu kita teteskan air rendaman tembakau tadi ke dalam mata ayam.
Teteskan terus menerus hingga cacing muncul ke permukaan mata ayam. 

Biasanya kalo hasil rendaman bagus tidak sampe 1menit setelah diteteskan cacing akan keluar dengan sendirinya.



Untuk mempermudah mengeluarkan cacing dari mata kita bisa menggunakan cotton bud dan pinset. Atau bisa juga secara langsung menggunakan jari tangan. 

Teteskan air tembakau berulang hingga cacing benar-benar bersih.




Setelah cacing berhasil kita keluarkan segera kita bilas mata ayam dengan air bersih. 

Kemudian kita biarkan ayam bergerak bebas biar ototnya tidak kaku karena terlalu lama di pegang saat proses pengobatan.

Nah seperti itu tadi cara mengobati mata ayam yang terinfeksi cacing. Kalau ada yang mau menambahkan saran. Bisa kirim saran lewat komentar dibawah.

Semoga artikel ini bermanfaat,
Terimakasih

Post a Comment

0 Comments