Ayam Pakhoy


Ayam pakhoy termasuk salah satu jenis ayam aduan modern. Ayam ini sengaja di ciptakan melalui proses persilangan dari beberapa jenis ayam aduan yang bertujuan untuk meredam keganasan ayam aduan jenis birma/phama. Yang saat itu ayam birma/phama diarena sabung ayam thailand memang hampir tak terkalahkan di kelas ayam aduan 2.5kg-3kg.

Kemunculan ayam pakhoy ini adalah sebagai jawaban untuk ketangguhan ayam birma/phama. Sebutan Pak-hoy/Pak-hoe sendiri dalam bahasa thailand memiliki arti pemukul setan,pembasmi setan. Setan yang dimaksud adalah ayam jenis birma/phama.

Teknik ayam pakhoy bertolak belakang dengan permainan ayam birma/phama. Ayam birma/phama yang identik dengan permainan jaga jaraknya sambil melancarkan pukulan.Ayam pakhoy bermain agresif mengejar/merangsek, nikus, nyayap dan mendorong rapat kearah lawan (tempel -pukul). 

Pukulan yang dilancarkan ayam pakhoy cenderung membabi buta sedapatnya,(matuk kepala pukul kepala dapat punggung pukul punggung).

Rata-rata pukulan dilancarkan ke arah punggung dan badan lawan, atau sering juga disebut pukulan nyangkul/ngrangkok atau brakot. Bahkan untuk beberapa ayam pakhoy yang bermain brutal bagian kaki lawan pun dipatok dan di pukul.

Gaya permainan seperti ini terbukti mampu merepotkan pertahanan ayam jenis Birma/phama. Pergerakan ayam pakhoy yang cenderung merangsek rapat, mengejar dan menempel lawan membuat ayam jenis birma/phama kesulitan mencari jarak renggang yang biasa jadi andalan ketika bertahan dan menyerang.

Dengan pukulan ayam pakhoy yang hampir 80% dilancarkan kearah badan membuat pertahanan ayam birma/phama semakin lemah. Hal ini terjadi karena rata-rata ayam jenis birma/phama memiliki rakitan tulang yang cenderung halus.


Sejarah ayam pakhoy menurut beberapa sumber yang kami dapat merupakan ayam hybrid persilangan dari ayam malaysian atau biasa disebut ayam hujung dengan ayam siam atau ayam bangkok.

Untuk jenis ayam bangkok tentunya kita sudah sering melihat gaya permainannya yang identik dengan teknik ngalung/ngelock, tengok kiri kanan lalu  memukul kepala, nikus dari bawah kemudian naik memukul dari belakang kearah kepala lawan.

Sedangkan ayam malaysian atau ayam hujung merupakan jenis ayam aduan sambung taji atau bisa juga taji murni. Gaya bermain sangat cepat, mampu memukul tanpa mematuk cenderung memukul dan mematuk sembarangan. Pukulan yang dilancarkan dominan ke semua bagian tubuh lawan secara brutal.
Sehingga memungkinkan untuk lebih cepat melukai atau menikam tubuh lawan.

Pertama kali ayam pakhoy banyak dikembangkan di perbatasan Thailand dengan Malaysia. Sehingga orang menyebutnya ayam bangkok selatan. Dalam beberapa waktu ayam pakhoy menyebar keseluruh thailand hingga sampai di indonesia.

Dengan proses persilangan antara ayam Malaysian atau ayam hujung dengan ayam siam atau bangkok. Diharapkan mampu menghasilkan perpaduan antara permainan ayam bangkok dengan gaya tarung merapat,masuk sayap, atau nikus masuk selakangan kemudian muncul dari belakang melancarkan pukulan cepat kearah badan lawan secara brutal seperti pukulan ayam hujung. 

Dengan teknik permainan seperti itu akhirnya terciptalah jenis ayam aduan modern yang saat ini disebut sebagai ayam pakhoy. Dan terbukti mampu meredam keganasan ayam birma.

Pada awal mulanya ayam pakhoy hanya bermain untuk kelas di bawah 3kg. Dengan kemajuan proses breeding oleh peternak. Ayam pakhoy mengalami perkembangan dengan proses persilangan lanjutan.

Hasilnya untuk saat ini sudah mampu kita jumpai ayam pakhoy yang memiliki ukuran lebih besar dari pada awal mula kemunculannya. Tentu di lengkapi dengan kelebihan lain yang lebih baik dari sebelumnya.
 
Saat ini ayam pakhoy sudah mengalami berbagai macam persilangan lanjutan dengan tujuan di hasilkan kwalitas yang lebih mutakhir.

Sehingga dari persilangan lanjutan ayam pakhoy. Mulai bermunculan jenis ayam baru yaitu:
Khoyngon,Phanatkhoy,Phamakhoy,
Khoytradngon. Dan masih banyak lagi kemungkinan yang terjadi dengan pengembangan jenis ayam aduan ini.
 
Oleh sebab itu hobby ayam aduan terasa sangat menantang dan tidak membosankan. Karena dunia ayam aduan selalu mengalami perkembangan kwalitas dari masa ke masa. Saling berlomba untuk menghasilkan ayam terbaik. 

Mungkin sampai disini pembahasan kita tentang ayam pakhoy. Semoga sedikit uraian tadi mampu menjawab penasaran rekan-rekan se hobby tentang ayam pakhoy. 

Untuk rekan-rekan yang ingin menambahkan ulasan tentang artikel ini bisa tulis dikolom komentar. Saran dan masukan rekan-rekan semoga bisa menjadi bahan lanjutan blog ini. Serta menambah wawasan untuk kita sesama penghobby.

Semoga artikel ini bermanfaat,
Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments